Cerita Si Kimo Anjing Ulung K9, Pernah Cari Kuli Bangunan Pembunuh Pemilik Rumah Mewah di Kalideres

Jakarta Barat -Anjing bernama Kimo milik Unit K9 Polda Metro Jaya ternyata ulung dalam hal mencari pelaku pembunuhan. Daya cium anjing gembala ini bisa sampai benar-benar melacak keberadaan si pelaku.

Saat acara peresmian gedung baru K9 Polda Metro Jaya, Palmerah, Jakarta Barat, Kimo unjuk gigi di hadapan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pada Senin (31/10/2022).

kapolda metro jaya Irjen Pol Dr M Fadil menyematkan kalung penghargaan kepada anjing pelacak

Di depan panggung, anjing spesialis pelacak umum itu seketika menerkam tangan kiri Briptu Deo Hermanto Tarigan yang sudah dipasang pelindung. Gigitan Kimo sangat kuat. Deo sempat terdorong akibat tarikan gigi Kimo.

Begitu lah simulasi gambaran saat Kimo melaksanakan tugas sebagai anjing polisi. Polisi yang bertugas sebagai pawang Kimo, Brigadir Yohanes bercerita kasus pembunuhan yang berhasil diungkap Kimo salah satunya berada di Kawasan Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (6/5/2022) silam.

Saat itu, Kimo ditugaskan untuk mencari pelaku perampokan dan pembunuhan pemilik rumah mewah di Perumahan Citra 2, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. “Kita dipanggil Polsek Kalideres untuk membantu menangani kasus itu.

Kita lacak dengan beberapa titik penciuman,” kata Brigadir Yohanes di Gedung K9 Polda Metro Jaya, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (31/10/2022).

Kimo sempat melacak sekitar area dalam rumah itu. Ia lalu mengendus sidik jari pelaku yang menempel di dinding.

“Kimo kemudian mengarah keluar rumah. Setelah berbelok-belok, terus ke arah rumah tetangga yang sedang merenovasi rumah. Dari situ endusan Kimo mengarah ke salah satu kuli bangunan,” jelasnya.

Tim Reskrim Polsek Kalideres kemudian menginterogasi pekerja bangunan itu. Dia akhirnya mengakui telah membunuh pemilik rumah mewah lantaran kepepet kebutuhan ekonomi.

Humas Polres Metro Jakarta Barat