Gencar Sambangi Warga, Polsek Tambora Beri Imbauan Warga Antisipasi Prostitusi Diwilayahnya

Jakarta barat, Gencar Sambangi warga Polsek Tambora tak mau kecolongan lagi wilayahnya dijadikan sarang tempat tinggal pekerja seks komersial (PSK).

Kapolsek tambora Kompol Putra Pratama gencar Sambangi warga

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Putra Pratama mengatakan, pihaknya saat ini rutin menyambangi warga di masing-masing RW untuk melakukan pendataan terhadap pendatang baru.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi agar kasus wanita dan anak-anak yang jadi korban dijadikan PSK tidak terulang.

“Belajar dari pengalaman pengungkapan yang kami lakukan sebelumnya, dimana wanita dan anak-anak dipekerjakan sebagai PSK, maka hal ini tidak boleh terulang lagi,” kata Putra, Selasa (16/5/2023).

Sebelumnya, para wanita dan anak-anak yang ditempatkan di sebuah kontrakan di Tambora, dijanjikan bekerja sebagai ART.

Mereka semua berasal dari luar wilayah Tambora, antara lain dari Jawa Barat, Banten dan Lampung.

“Untuk itu, pascalebaran tahun ini, kami terus mengajak pengurus RW dan RT di Kecamatan Tambora untuk aktif melakukan pendataan langsung ke pendatang yang ada di wilayahnya,” ujar dia.

Para pengurus warga diminta aktif mensosialisasikan pada kaum urban untuk tidak tergiur janji surga para makelar maksiat yang terus mencari mangsa dengan berbagai iming-iming.

Pendataan warga pendatang ini dimulai dari RW 10 Kelurahan Pekojan.

“Polisi mengimbau pengurus warga untuk mengetahui warga pendatang di wilayahnya itu secara langsung tidak melalui perantara seperti melalui koordinator ataupun pemilik kost-kostan,” ujar Putra

“Tamu wajib lapor 1×24 jam harus diterapkan secara konsisten di Tambora. Melalui upaya preemtif dan preventif ini kami berupaya maksimal agar perempuan dan anak tak diperangkap pelaku kejahatan,” sambungnya.

Pada Kamis 16 Maret 2023 lalu, Polsek Tambora menggerebek tempat penampungan PSK di RW 10 Pekojan, Kecamatan Tambora.

Saat itu, Unit Reskrim Polsek Tambora berhasil menyelamatkan 39 perempuan PSK